Pilih Bahasa Anda   Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia   EnglishInggris
 
Pencarian Produk
 
 
 
Harga mulai dari Sampai
 
 
Beranda > Artikel
Tips for Maintaining Light Steel Roof Spandek

Salah satu kekurangan dari spandek atap baja ringan yang disebutkan di artikel lain di website ini adalah mengenai masalah maintenance yang sulit untuk dilakukan. Lalu bagaimana memang cara menjaga agar atap dari bahan baja ringan ini tetap indah dan awet? Berikut ini adalah ulasannya.

Menjaga agar baja ringan tetap bersih

Ketika sedang musim penghujan maka anda tidak perlu melakukan banyak usaha untuk menjaga atap spandek dari bahan baja ringan anda tetap bersih. Hal ini disebabkan karena hujan akan membersihkan kotoran-kotoran yang ada di atap rumah anda secara otomatis. Masalahnya adalah ketika musim panas menyerang. Ketika musim panas, jumlah debu dan juga jumlah daun-daun yang berguguran akan makin banyak dan tidak dapat bersih dengan sendirinya. Oleh karena itu anda perlu naik ke genting untuk membersihkannya agar bebas dari debu dan kotoran secara rutin.

Ketik anda membersihkan debu di atap baja ringan pilihlah penyemprot air yang tidak terlalu keras dan juga menggunakan alat pembersih yang terlalu kasar. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada spandek atap dari bahan baja ringan anda. Sebaiknya gunakan sapu yang  lembut atau minta bantuan profesional untuk membantu anda membersihkan atap dari bahan baja ringan yang anda miliki.

Bersihkan saluran pembuangan

Meskipun desain atap di indonesia dibuat dengan bentuk  miring sehingga memudahkan air untuk berjatuhan, biasanya atap tetap memiliki saluran pembuangan. Saluran pembuangan ini juga perlu anda perhatikan kebersihannya, terutama jika rumah sebelah rumah anda ada sebuah pohon yang besar. Keberadaan pohon besar disebelah rumah anda dapat menyebabkan pengumpulan sampah seperti daun kering pada saluran pembuangan oleh karena itu pastikan anda juga memperhatikannya dan membersihkannya secara teratur untuk menghindari penyumbatan.

Hindari berjalan diatas atap baja anda

Meskipun pada saat pemasangannya atap dari bahan baja ringan sering kali di injak oleh pemasang, tapi bukan berarti atap ini aman untuk diinjak atau dilewati.  Hindarilah berjalan-jalan diatas spandek atap anda untuk menghindari kerusakan berupa penyok atau sobek hanya karena tindakan-tindakan yang tidak diperlukan. Jika memang anda harus berjalan di atap baja ringan karena hal-hal tertentu pastikan anda melakukan pengecekan terlebih dahulu dan juga berhati-hari dalam melangkah.

Bersihkan sekitar atap

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika anda memiliki pohon yang besar yang ada di sekitar rumah anda pastikan untuk selalu mengontrol tanaman tersebut lakukan pemangkasan pohon secara reguler untuk menjaga atap anda tetap bersih hal ini disebabkan karena ancaman yang diberikan oleh pohon bukan hanya karena daun-daun kering yang akan mengotorinya tapi juga dahan-dahan yang kering yang mungkin  melukai atap baja ringan yang anda miliki.


Artikel
 
 

Atrikel Terkait
24
APR
Bernaung Dengan Atap Rumah Yang Kokoh dan Aman

Bernaung Dengan Atap Rumah Yang Kokoh dan Aman

Tanda Anda Perlu Ganti Atap Rumah

Tanda Anda Perlu Ganti Atap Rumah

27
MAR
Mengenal Ragam Aksesoris Atap

Mengenal Ragam Aksesoris Atap

20
MAR
Pilihan Bahan Bangunan untuk Atap Rumah

Pilihan Bahan Bangunan untuk Atap Rumah

20
MAR
Pilihan Bahan Bangunan untuk Atap Rumah

Pilihan Bahan Bangunan untuk Atap Rumah

Kelebihan Atap Limas (Perisai) dan Cara Menghitung

Kelebihan Atap Limas (Perisai) dan Cara Menghitung Luasnya


 
 
 
TERHUBUNG DENGAN KAMI
 
facebook   twitter   instagram   youtube
 
 
Pertanyaan
 
 
TELEPON CS KAMI
(021) 5565-8080
 
 
 
 
 
ISO award
Home

Idea award
 
 
Hubungi Kami
PT. Timur Mas Abadi
Jl. Pajajaran no.55, Jatiuwung
Tangerang - Indonesia 15137
Telp. 021-5565 8080 Fax. 021-5565 8181
 
 
BCA
754 033 3887
a.n PT. Timur Mas Abadi
 
MANDIRI
155 006 7878 788
a.n PT. Timur Mas Abadi